Cara Membuat SMS Gateway di SLiMS Menggunakan Kalkun

Pada acara SLiMS Community MeetUp yang diselenggarakan di Semarang 22-23 November 2014, Komunitas SLiMS melalui Heru Subekti mengenalkan fitur SMS Gateway di SLiMS.

Namun dikarenakan pihak redaksi saat acara slims communitymeetup tidak kebagian cd materi tersebut dan masih menunggu kiriman file dari Heru Subekti sebagai pembuatnya, maka disini kami tuliskan SMS Gateway di SLiMS yang dibuat olehSlamet Hanafi.

Perlu diketahui bahwa selain fitur SMS Gate Way di SLiMS yang dibuat oleh Heru Subekti, ada juga pengguna SLiMS bernama Slamet Hanafi yang sudah berhasil menggunakan SMS Gateway dengan cara yang hampir sama, hanya saja Slamet Hanafi ini menggunakan Kalkun yang bisa anda download dikalkun.sourceforge.net.

Sebelum anda melakukan instalasi dan setting SMS Gateway di SLiMS, berikut ini merupakan beberapa perangkat pendukung lainya yang harus anda siapkan untuk membuat SMS Gateway pada software SLiMS.

Perangkat yang digunakan dalam Membuat SMS Gateway di SLiMS:

Ubuntu Server terinstall aplikasi kalkun (sms berbasis web, http://kalkun.sourceforge.net)

Tentang Kalkun

Kalkun adalah open source SMS berbasis web (Short Message Service) manajemen, itu menggunakangammu-smsd sebagai mesin SMS gateway untuk menyampaikan dan mengambil pesan dari telepon / modem. Kalkun dan gammu adalah dua hal yang berbeda. Anda harus menginstal dan mengkonfigurasi gammu diri sendiri. Kalkun hanya mengelola database yang diberikan oleh gammu.

Untuk lebih tahu secara lengkap apa itu Kalkun? Silahkan anda baca selengkapnya disini.

Berikut tahapan-tahapan untuk membuat SMS Gateway di SLiMS dengan menggunakan Kalkun:

  1. Membuat tabel overdue_sms
  2. Mengubah file admin/modules/reporting/customs/overdued_list.php
  3. Membuat file /admin/modules/membership/overdue_sms.php (menyalin dari file /admin/modules/membership/overdue_mail.php)
  4. Mengubah file /admin/modules/membership/member_base_lib.inc.php
  5. Membuat file data.php dan hapus.php di folder root senayan (silakan menyesuaikan username, password, database mysql untuk senayan).
  6. Membuat file bacasmsperpustakaan.php di folder root kalkun (silakan menyesuaikan username, password, database mysql untuk kalkun).
  7. Membuat cron job setiap 1 menit untuk menjalankan file bacasmsperpustakaan.php

Daftar file yang digunakan dapat diunduh gratis dihttps://www.dropbox.com/s/0c3k18vfz5ooed7/overdue_sms.zip atau dapat Juga di Download disini Ato Disitu

Jika anda masih mengalami kesulitan dan kebingungan, silahkan bisa tinggalkan pesan melalui komentar di bawah ini atau bisa langsung menghubungi Slamet Hanafi melalui akun facebooknya.