Sejarah

Sejarah Perpustakaan Al Ghozali

Perpustakaan Institut Agama Islam Imam Ghozali  (IAIIG) Cilacap merupakan sumber pembelajaran serta sumber intelektual yang amat penting bagi sivitas akademika terutama dalam mendukung tercapainya program Tri Dharma perguruan tinggi, hal ini sejalan dengan fungsi perpustakaan sebagai sumber dan pusat layanan informasi.

Sejarah terbentuknya Perpustakaan Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap tidak bisa dipisahkan dengan institusi induknya, yaitu sejarah berdirinya Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap.yaitu pada tanggal 18 Mei  tahun 1989. Perpustakaan IAIIG Cilacap dari tahun ketahun mengalami perubahan yang signifikan baik gedung, koleksi maupun layanannya. Awalnya perpustakaan hanya menempati sebuah ruangan kecil saja, kemudian menempati ruangan yang lebih luas kira-kira ukuran 5 x 10 m. Setelah itu sampai dengan akhir tahun 2000 Perpustakaan menempati gedung tersendiri yang sekarang digunakan sebagai Gelora Budaya. Sejak bulan januari 2006 sampai sekarang menempati gedung seluas 350 m2 terdiri dari dua lantai, namun lantai atas masih difungsikan untuk aula.

Perpustakaan IAIIG Cilacap mempunyai kepentingan pendidikan, pengajaran, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat. Koleksi yang digunakan bukan hanya dari segi kuantitas, namun juga jenis dan kualitas koleksi. Sebagai sarana penelusuran informasi, berusaha untuk menggunakan cara yang lebih baik lagi, yaitu katalogisasi selalu diperhatikan.

Dengan semakin bertambahnya koleksi, sarana, dan pegawai, Perpustakaan bertekad untuk memberikan pelayanan prima kepada para pengguna. Disamping itu Perpustakaan juga bertekad untuk mencapainya. Yaitu untuk menjadi pusat informasi penelitian, agama  dan budaya di Jawa Tengah.

Perpustakaan Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG ) Cilacap merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang secara struktural berada langsung dibawah Rektor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kode Verifikasi * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.